POKOKNYA JANGAN MENYERAH

Inti persoalan dari suatu perjuangan adalah proses perjuangan itu sendiri yang mewujud dalam kerja keras dan pantang menyerah.

Di antara orang-orang yang berjuang, yang sampai (berhasil) adalah yang melanjutkan. Untuk itulah mengapa kita tidak boleh menyerah dan berhenti melanjutkan perjalanan menuju sukses kita. Banyak yang lupa melanjutkan, padahal di awal perjuangan sangat bersemangat.

Kalau Anda mau berhenti, ingatlah mengapa Anda bekerja keras, ingatlah orang tua dan keluarga Anda. Lanjutkanlah! Kalau Anda letih, istirarahatlah tetapi jangan berhenti. Istirahatlah dan segeralah melanjutkan!

Ketahuilah hasil baik tidak ada pada titik berangkat. Hadiah atas upaya-upaya Anda tidak ada di awal perjuangan. Anda harus bersabar  dalam  sebuah perjalanan yang terpikirkan dengan baik.   Anda harus punya visi yang jelas, lengkap dengan target waktu pencapaian.

Apakah ada visi atau gambar mental? Anda akan sampai dimana di usia 30, 40, 50 tahun? Sampai dimana maksudnya “seberapa mapan kehidupan anda?” atau “seberapa mandiri  Anda secara finansial?”

Mandiri belum tentu mapan. Mapan artinya pendapatan lebih besar dari keharusan-keharusannya.

Buah dari upaya kita itu ada di akhir. Maka jangan berhenti jika tujuan Anda belum atau tidak terlihat. Jika belum terlihat, maka tujuan Anda masih jauh, maka bersabarlah dalam perjalanan dan lakukan percepatan untuk bisa segera tiba di tujuan Anda. Tapi jika tidak terlihat, maka artinya ada sesuatu yang menghalangi.